Ketika memulai pagi dengan makanan bergizi, tubuh mendapatkan nutrisi yang layak. Hasilnya, tubuh lebih berenergi dan fokus sepanjang hari. Salah satu nutrisi yang penting di pagi hari adalah protein, terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Dilansir dari U.S. Department of Agriculture, protein berfungsi sebagai bahan penyusun tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Protein juga membangun blok untuk enzim, hormon, dan vitamin. Ketika makan protein, Anda bisa membangun otot, mengontrol berat badan, dan mendukung sistem kekebalan.

Jadi, apa makanan berprotein tinggi yang harus dimakan saat sarapan? Ini kata dokter. 

Telur
Menurut Matt Chalmers, pakar kesehatan dan kebugaran, penulis, dan pembicara nutrisi, sarapan berprotein tinggi terbaik untuk menghilangkan lemak adalah telur. “Apakah tujuan Anda adalah untuk meningkatkan massa otot, yang juga meningkatkan metabolisme, atau hanya membakar lemak, telur harus menjadi bagian utama dari diet,” kata dia, seperti dilansir She Finds, Senin, 30 Mei 2022.

Praktisi keluarga Yelena Deshko, menambahkan, satu telur memiliki sekitar enam hingga delapan gram protein. “Bergantung pada tujuan Anda, mengonsumsi sekitar tiga butir telur untuk sarapan akan menyediakan hampir 20 gram protein, menyamai kandungan banyak minuman berprotein.” Telur juga mengandung kolin, vitamin B, vitamin D, seng, zat besi dan tembaga.

Ikan salmon
Erin Barrett, ahli biokimia nutrisi dan Direktur Urusan Ilmiah dan Inovasi Produk di Shaklee mengatakan, salmon tidak hanya menyediakan protein tetapi juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Sepotong salmon 3 ons menghasilkan sekitar 17 gram protein dan hanya 121 kalori.

Untuk menyajikan dan memasak ikan, dia menyarankan untuk memanggangnya dan meletakkannya di atas sepiring campuran sayuran, irisan jamur, dan tomat ceri.

Yogurt Yunani
Selain sebagai makanan berprotein tinggi, yogurt juga merupakan prebiotik yang baik. Makanan ini membantu kesehatan usus. Barrett mencatat, bahwa yoghurt Yunani umumnya mengandung 14 hingga 16 gram protein susu, dua kali lebih banyak daripada yogurt biasa. Jika ingin meningkatkan kualitas makanan, Anda dapat menambahkan buah beri yang kaya akan antioksidan.