Peran ayah sangatlah besar untuk menunjang tumbuh kembang anak. Anak yang dekat dengan sang ayah dan mendapat kasih sayang penuh dari ayah akan menjadi pribadi yang lebih bahagia, rasa percaya dirinya baik dan jiwa sosialnya cukup tinggi. 

Sebaliknya, anak yang kurang mendapat kasih sayang dari ayah, jauh dari sosok ayah bahkan tak pernah bertegur sapa dengan ayah bisa saja memiliki rasa percaya diri yang rendah. 

Melansir dari laman parents.com, anak yang kurang mendapat kasih sayang dari sosok ayah akan menjadi pribadi yang cenderung pemurung, rentan marah dan rendah diri. Anak ini juga rentan menjadi pribadi yang pendiam, tidak peduli dengan sekitar bahkan merasa terabaikan. Selain itu, anak yang kurang mendapat kasih sayang sang ayah akan mengalami beberapa dampak negatif. Apa saja?

Dampak Negatif Anak Kurang Kasih Sayang Ayah

Penelitian menemukan jika ada beberapa dampak negatif ketika anak kurang mendapat kasih sayang dari sang ayah. Dampak negatif tersebut antara lain anak menjadi kurang percaya diri, anak cenderung menjadi pribadi yang penakut dan anak memiliki masalah kedekatan dengan orang lain. 

Para ahli menemukan jika anak yang kurang mendapat kasih sayang dari ayah besar kemungkinan kurang bisa bersosialisasi dengan sekitar saat ia dewasa kelak. Anak ini juga cenderung menjadi pribadi dengan perilaku kurang baik dan rentan terpengaruh lingkungan buruk saat remaja. 

Meski ada beberapa dampak negatif yang bisa terjadi pada anak ketika kurang mendapat kasih sayang ayah, dampak negatif ini bisa dikurangi dengan pola asuh terbaik dari Mom dan keluarga terdekat lainnya di rumah. Anak akan tetap memiliki rasa percaya diri yang baik ketika ia mendapat kasih sayang penuh dan pola asuh yang tepat dari ibunya. Anak juga akan merasa lebih aman, nyaman serta bahagia ketika keluarga besar seperti kakak, adik, kakek, nenek juga paman atau bibi yang begitu sayang padanya. 

Semoga informasi ini bermanfaat. Pastikan untuk mengasuh buah hati bersama suami dengan tepat dan penuh kasih sayang setiap harinya. Ajak suami untuk turut serta mengawasi dan menunjang tumbuh kembang anak.