Memencet jerawat sama halnya dengan menggunakan q-tip untuk membersihkan telinga dan mandi air panas secara agresif. Walaupun dokter memberitahumu itu tidak baik, kamu tetap melakukannya, benar?

Kita semua tahu bahwa jerawat seharusnya tidak dipencet sembarangan. Kebanyakan orang melakukannya dengan cara yang salah, menggunakan tangan yang tidak bersih, berisiko memasukkan lebih banyak bakteri ke dalam kulit dan jika kamu tidak menekannya dengan benar, kamu mendorong jerawat masuk lebih dalam ke kulit, yang membuat kulit lebih terinfeksi atau bengkak.

Memencet jerawat juga bisa menyebabkan munculnya bekas atau jaringan parut. Bekas luka permanen pasti adalah hal yang paling dihindari.

Tips memencet jerawat

Sebelum memencet jerawat, cobalah cari tahu jenis jerawat itu sendiri, apakah itu blackhead atau whitehead. Tapi ingat, jerawat meradang atau merah tidak boleh dipencet sama sekali, bahkan lebih baik tidak disentuh.

Jika kamu masih merasa harus memencet jerawat, lakukanlah dengan aman untuk meminimalisir risiko infeksi atau munculnya jaringan parut. Awalnya, mandi air hangat untuk membantu melembutkan kulit agar ekstraksi lebih mudah.

Selanjutnya, cuci tangan dan wajah, langkah ini jangan dinegosiasi. Cara ini adalah yang terbaik untuk menghindari masuknya bakteri baru ke dalam zona jerawat dan oleskan sedikit alkohol pada area tersebut untuk membersihkannya.

Bungkus sekitar ujung jari dengan tisu atau kain kasa sebelum menyentuh wajah, pastikan kukumu tidak masuk ke dalam kulit dan menyebabkan jaringan parut. Tekan dengan lembut, jika itu whitehead, kamu mungkin perlu menggunakan jarum yang steril dan membuat tusukan kecil di permukaan jerawat, tepat di tengah.

Tekan di sekitar bagian luarnya perlahan dengan tekanan ke bawah. Kuncinya jangan agresif, jika sesuatu tidak muncul setelah kamu mencoba beberapa kali, hentikan.

Lakukan perawatan pasca kamu memencet jerawat. Tergantung peradangannya, tahan dengan kompres dingin atau beberapa es batu dengan handuk bersih di sana dan taruh stiker jerawat atau patch hidrokoloid di atasnya untuk menutupi luka terbuka setelah kamu memencet jerawat.